Seorang Fotografer Tuntut Hukum Capcom Karena Dituduh Mencuri Ratusan Fotonya untuk Resident Evil 4!

Avatar of Syaipul A
Seorang fotografer tuntut hukum Capcom terkait Resident Evil 4.
Seorang Fotografer Tuntut Hukum Capcom Karena Dituduh Mencuri Ratusan Fotonya Untuk Resident Evil 4!
Resident Evil 4 | Pinterest

Tuduhan kini kembali menghampiri Capcom setelah belum lama ini mereka dituduh melakukan plagiarisme terhadap desain monster di Resident Evil Village. Kini tuduhan tersebut kembali muncul dan berkaitan dengan game Resident Evil.

Melansir dari Polygon, seorang fotografer bernama Judy A. Juracek menuduh Capcom telah mencuri ratusan foto atau karyanya untuk keperluan game milik Capcom – Resident Evil 4. Tidak tanggung-tanggung, sang fotografer pun membawa masalah ini ke ranah hukum.

Fotografer tuntut hukum Capcom!

Seorang Fotografer Tuntut Hukum Capcom Karena Dituduh Mencuri Ratusan Fotonya Untuk Resident Evil 4
Resident Evil 4 | IGN
Seorang Fotografer Tuntut Hukum Capcom Karena Dituduh Mencuri Ratusan Fotonya Untuk Resident Evil 4!
Resident Evil 4 | IGN

Menurut pengakuan Juracek, ia mengatakan bahwa banyak foto, desain dan karya yang telah ia kumpulkan ke dalam buku dan CD-rom bernama “Surfaces” dijadikan aset oleh Capcom untuk game mereka Resident Evil 4.

Terlebih lagi buku dan CD-rom dari Juracek tersebut telah ia hakciptakan sejak tahun 1996 silam. Yang mana pihak Capcom tidak pernah menghubungi dirinya untuk meminta lisensi terkait karya-nya tersebut.

Bahkan, ada sekitar 100 foto milik Juracek yang Capcom jadikan sebagai aset dari Resident Evil 4. Salah satu foto tersebut adalah gambar sebuah pecahan kaca yang memang identik dengan logo dari game survival-horor ini.

Untuk foto kedua sendiri berupa sebuah pintu yang ia ambil di sebuah rumah mewah yang berada di Newport. Dari foto yang ia berikan, terlihat memang foto tersebut sangat mirip dengan salah satu aset di Resident Evil 4.

Tuduh Capcom curi karyanya untuk Resident Evil 4!

https://www.scribd.com/document/510624060/Juracek-vs-Capcom-via-Polygon#from_embed

Lebih lanjut, Juracek juga menegaskan bahwa rumah mewah tersebut sudah tidak ada sekarang. Tentu mustahil bagi Capcom untuk mengambil contoh gambar tersebut saat game tersebut dirilis.

Tidak hanya itu saja, Juracek pun memperkuat buktinya dengan membeberkan tentang serangan hacker yang Capcom dapatkan tahun lalu. Serangan ini sendiri membuat ratusan atau ribuan data milik Capcom bocor ke internet.

Yang mana salah satu file yang bocor tersebut memiliki nama yang sama dengan yang berada di CD-rom miliknya. File ini sendiri bernama “ME009” dan memang sangat mirip dengan salah satu aset yang Resident Evil gunakan.

Karena ini, sang fotografer pun menuntut Capcom dengan USD 12 juta dari pelanggaran hak cipta berserta tambahan USD 2500 sampai USD 25000 untuk masing-masing foto yang Capcom gunakan.

Terlepas dari itu semua, pihak Capcom pun membenarkan tuntutan hukum ini. Namun mereka masih enggan untuk memberikan tanggapan terkait masalah ini. Bagaimana tanggapan mu mengenai hal ini? Berikan tanggapan mu ya.

source: IGN

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts
Total
0
Share