Seringkali diabaikan ketika berurusan dengan elemen fantastis, namun menjadi berbicara ketika desainnya kurang baik, upaya yang luar biasa dilakukan oleh para audio designer, sound director, dan komposer musik di balik sebuah game memang patut diapresiasi.
Seringkali gamer tidak menyadari bahwa game sering kali dibuat tanpa suara, padahal sensasi imersif yang seharusnya ada membutuhkan elemen suara untuk mereplikasi pengalaman di dunia nyata atau mensimulasikan sesuatu yang serupa.
Suara efek di Armored Core VI
Dalam game terbaru dari From Software, Armored Core VI, mereka mendorong batas dengan menghadirkan pengalaman suara yang lebih realistis. Dalam Armored Core VI, pengalaman mengendari robot-robot raksasa yang terbuat dari logam diperkuat dengan berbagai efek suara yang menghadirkan sensasi yang luar biasa.
Untuk mencapai hal ini, peran penting diberikan kepada Kota Hosnino sebagai komposer dan juga sound director. Untuk menciptakan efek suara yang akurat dalam Armored Core VI, pengembang mengungkapkan bahwa mereka harus merekam suara secara langsung dari pabrik besi dan baja.
Meskipun demikian, tidak dijelaskan apakah proses rekaman yang sama juga digunakan dalam pembuatan soundtrack asli yang ditampilkan dalam game tersebut. Saat ini, Armored Core VI sendiri sudah bisa dimainkan di berbagai platform.
Yang mana From Software dan Bandai Namco capai kesuksesan besar dengan perilisannya. Kira-kira apa yang akan dikembangkan oleh From Software setelah sukses dengan game satu ini? Menarik untuk ditunggu.
source: Twitter